Tokoh-Tokoh yang Berjasa Dalam Perkembangan Radio di Dunia

9/18/2011


Berhubungan dengan perkuliahan, kali ini gue mau sharing tentang tugas kuliah Manajemen Radio Siaran. Dan gue sangat berterimakasih kepada mereka karena usaha mereka lah setidaknya di mobil ketika dalam keadaan maceeet rasa bosan gue bisa sedikit hilang. :)

1. James Clark Maxwell
Penemu asal Inggris (1865) ini berhasil menemukan rumus-rumus yang diduga mewujudkan gelombang elektromagnetis, yaitu gelombang yang digunakan radio siaran dan televisi.
2. David Sarnoff
Memperkenalkan radio siaran (broadcasting) yang digunakan sebagai alat atau media komunikasi massa tahun 1915.
3. Dr. Frank Conrad
Dr. Frank Conrad (1919) asal Amerika ini berhasil melakukan eksperimen menyiarkan musik.
4. Heinrich Hertz
Fisikawan Jerman yang memeperjelas dan memeperluas teori elektromagnetik cahaya yang telah diajukan Maxwell. Dia merupakan orang pertama yang menunjukan adanya gelombang elektromagnetik dengan membangun alatr untuk menghasilkan dan mendeteksi VHF atau UHF radio gelombang.
5. Dane
Menemukan suatu pesan (message) dalam jarak pendek dengan menggunakan alat sederhana berupa kawat beraliran listrik.
6. Guglielmo Marconi
Merupakan penemu asal Italia yang juga berjasa dalam penemuan radio. Pernah melakukan uji coba terhadap percobaan-percobaan yang pernah dilakukan oleh Heinrich Hertz.
7. Reginald Fessenden
Merupakan salah satu orang yang berjasa dalam perkembangan radio didunia yang berasal dari Kanada. Ia melakukan percobaan perintis di radio, termask awal transmisi suara dan musik.
8. Lee De Forest
Berasal dari Iowa. Ia menemukan audion, sebuah tabung vakum relatif lemah yang memebutuhkan listrik sinyal dan menguatkan mereka. Selain itu juga melalui radio siaran eksperimennya pada tahun 1916 telah menyiarkan kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat antara Wilson dan Hughes dan dijuluki ”the father of radio”.
9. Novy
Merupakan orang pertama yang membuat istilah ”Broadcasting”. Istilah tersebut digunakan untuk berkomunikasi antara komandan dengan pasukan untuk menyusun strategi perang.
10. Olson Wales
Adalah orang yang membuat drama radio tentang Perang Dunia ke-I dengan memunculkan tokoh makhluk luar angkasa, dimana dengan kehadiran tokoh ini mampu membangkitkan emosi pendengar pada saat itu.
11. Profesor E.H. Amstrong
Tokoh dari Universitas Columbia pada tahun 1933 ini memperkenalkan system Frequency Modulation (FM) sebagai penyempurnaan Amplitude Modulation (AM) yang biasa digunakan dalam radio siaran.

(Image: http://jesse.deviantart.com/art/Vintage-radio-298908103)

You Might Also Like

4 comments

Like us on Facebook

Flickr Images